Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki

Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Artikel contoh kerajinan tangan yang mudah dibuat sendiri bisa dijual menghasilkan uang dan cara membuatnya. Ada banyak sekali macam macam kerajinan tangan yang mudah dibuat dan menarik untuk dibuat sendiri di rumah. Dari mulai yang berbahan dasar dari kardus, botol bekas, koran bekas, kain flanel, dan masih banyak lagi lainnya. Semuanya bisa dibuat dengan bahan yang mudah didapat pula. Dan salah satu bahan yang bisa kita manfaatkan untuk disulap menjadi salah satu contoh kerajinan tangan yang mudah dibuat adalah serabut kelapa. Serabut kelapa bisa kita temukan dengan cukup mudah di kawasan yang dekat dengan pantai dan beriklim panas, dimana banyak sekali pohon kelapa tumbuh.


Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Kreasi Keset Kaki Sabut Kelapa


Keset kaki sabut kelapa adalah salah satu bahan kreasi kerajinan tangan yang mudah dibuat dan murah. Keset merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang hampir selaluada di setiap rumah. Fungsinya sebagai penyaring kotoran setiap kali kita anak memasuki rumah ataupun ruangan dalam rumah. Keset biasanya diletakkan di depanpintu masuk rumah, pintu kamar,kamar mandi, dapur, dll. Dan sekarang kit akan coba berkreasi dengan memanfaatkan bahan dasar keset kaki yang biasa ada di rumah masing-masing.

Untuk membuat kreasi kerajinan tangan yang mudah dibuat kali ini, kita akan menggunakan keset kaki khusus yang berbahan serabut kelapa. Keset kaki sabut kelapaini bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional ataupun toko yang menjual perlengkapan rumah tangga. Jika biasanya di pasar atau toko kita sering mendapatkan keset kaki welcome, kali ini kita akan memakai keset sabut kelapa yang masih polos tanpa warna ataupun hiasan apapun.

Dan kali ini kita akan berkreasi menghias keset kaki serabut kelapa ini dengan tulisan dan motif sendiri menggunakan perlengkapan yang sederhana. Dan bagi anda para pelajar, kreasi unik ini bisa anda jadikan contoh kerajinan tangan yang mudah dibuat untuk tugas sekolah. Untuk membuat kreasi keset kaki ini anda bisa menyediakan satu buah keset polos, atau beberapa buah sekaligus jika anda ingin banyak berkreasi.
Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa


Cara Membuat Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa


Berikut ini tutorial yang mudah mengenai kerajinan tangan yang mudah dibuat beserta gambarnya, berupa tulisan dan hiasan pada keset kaki sabut kelapa :

**Source: http://www.settlinginsawdust.com/come-back-with-tacos-doormat-diy/

Alat & bahan :

  • Keset kaki serabut kelapa polos
  • Print out tulisan di kertas
  • Lakban besar
  • Cutter
  • Lem semprot / lem jenis lainnya
  • Cat
  • Kuas kecil / spon

Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 01
Siapkan terlebih dahulu semua bahannya. Seperti keset sabut kelapa polos, cetakan tulisan di kertas, lakban, lem, cutter, kuas, dan cat. Anda bisa menggunakan cat semprot atau jenis cat lainnya. Di sini kita akan menggunakan cat khusus untuk sablon kaos, karena cat jenis ini bisa meresap ke dalam serat dengan cukup baik.


Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 02
Langkah pertama, tutuplah permukaan keset yang akan ditulisi dengan menggunakan lakban sampai tertutup rapat seluruh permukaannya.


Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 03
Selanjutnya ambil tulisan yang telah dicetakdi kertas. Lalu tempelkan kertastulisan tersebut pada permukaan keset yang telah ditutuplakban. Agar kertas tetap di tempat dan tidak bergerak-gerak, tempelkan kertas tersebut dengan menggunakan lem pada permukaan lakban.


Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 04
Selanjutnya mulailah memotong huruf-huruf yang telah dicetak pada kertas. Potonglah setiap huruf serapi mungkin sampai terlihat permukaan serabut kelapa.


Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 05
Setelah semua huruf terpotong dengan rapi, mulailah mengecat permukaan keset dengan kuas atau spon. Usahakan jangan mengecat dengan terlalu tebal. Catlah permukaan keset dengan lapisan tipis dahulu, karena cat ini mudah sekali menyerap. Jangan sampai nanti malah bentuk tulisannya bleber kemana-mana. Biarkan kering sebentar, dan anda bisa menambahkan lapisan cat kembali 2 atau 3 laips sampai ketebalan yang diinginkan.


Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 06
Biarkan cat mengering, dan tutorial kerajinan tangan yang mudah dibuat dan cara membuatnya ini sudah selesai dan siap diletakkan di depan pintu.


Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 07
Anda juga bisa berkreasi dengan kerajinan tangan yang mudah dibuat dan menghasilkan uang lainnya seperti contoh gambar, dan ini juga bisa menjadi salah satu peluang usaha sabut kelapa.


Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 08



Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat | Menghias Keset Kaki Sabut Kelapa 09

Contoh kerajinan tangan yang mudah dibuat sendiri berupa aneka kreasi lukisan pada keset kaki serabut kelapa sudah jadi, sekarang giliran anda mencoba membuat sendiri di rumah.

No comments:

Share This Article