Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Dekorasi Lampu Gantung

Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Berikut ini tutorial mudah cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang mudah dibuat yaitu kreasi hiasan lampu gantung. Ada macam-macam kerajinan tangan dari sedotan plastik yang sudah banyak kita temui di luar sana. Sedotan sendiri ada berbagai jenis yang bisa dipakai. Seperti misalnya sedotan plastik, sedotan kecil, sedotan es, sedotan aqua gelas, sedotan motif, dll. Macam produk hasil dari kreasi kerajinan tangan dari barang bekas khususnya sedotan bekas pun ada berbagai macam jenisnya. Seperti misalnya taplak meja, gantungan kunci, tirai, hiasan dinding, dll.

Dari aneka kerajinan tangan dari sedotan kecil yang jumlahnya puluhan atau bahkan ratusan tersebut tentu saja ada sebagian atau beberapa yang membuat kita tertarik untuk memilikinya. Kemudian kita akan membelinya di toko yang menjual aneka kerajinan, agar bisa kita pasang di rumah sebagai hiasan rumah untuk mempercantik ruangan.

Setelah melihat berbagai video cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang sederhana yang sangat banyak betebaran di internet, membuat sebagaian dari kita ingin membuatnya sendiri. Nah pada kesempatan kali ini kita akan sedikit berbagi tips singkat kerajinan tangan dari sedotan dan cara pembuatannya, yaitu berupa dekorasi lampu gantung unik.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan Plastik dan Cara Membuatnya | Sedotan Plastik


Hiasan gantung merupakan salah satu jenis kerajinan tangan dari sedotan untuk anak SD yang bisa dibuat dengan mudah. Namun kali ini para remaja bahkan yang dewasa sekalipun bisa sama-sama belajar membuat kerajinan yang satu ini. Dan hiasan gantung dari sedotan merupakan salah satu jenis yang bisa dibuat dengan mudah dan cukup cepat. Selain itu dana yang dibutuhkan untuk membuatnya juga tidak terlalu banyak dengan hasil yang bagus.

Kali ini kita akan memakai sedotan plastik yang biasa kita gunakan untuk minum es atau minuman lainnya. Sedotan jenis ini bisa kita beli dengan mudah di toko-toko bahan roti. Harga sedotan plastik ini juga sangat murah, dan juga jenisnya sangat bervariasi. Ukurannya ada yang besar dan kecil, lalu ada yang tipis dan ada juga yang agak tebal. Juga sekarang ini sudah bisa kita jumpai sedotan plastik jenis ini yang memiliki motif dan gambar yang bagus-bagus.

Dekorasi lampu gantung yang akan kita buat sebagai contoh ini berbentuk bangun geometri segi enam berukuran sedang. Bahan yang kita butuhkan kali ini yaitu beberapa buah sedotan plastik, kawat, sedikit kain flanel, tang potong, dan juga gunting.
Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Dekorasi Lampu Gantung Unik


Mari kita mulai saja tutorial singkat cara membuat kerajinan tangan dari sedotan yang sederhana berupa kreasi hiasan lampu gantung unik ini :


**source: pearlsandscissors.com/2015/02/diy-geometric-pendant-light-fixture

Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung 01
Sebelum memulai, terlebih dahulu kita siapkan dahulu semua alat dan bahannya. Seperti sedotan plastik dengan warna sesuai selera, kawat, kain flanel dengan warna yang senada dengan warna sedotan, guting, dan tang potong.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung 02
Langkah pertama, potong semua sedotan yang telah disiapkan dengan ukuran sesuai selera. Karena kali ini kita akan membuat bangun geometri segi enam, maka ukuran potongan dan juga jumlah potongan sedotannya akan disesuaikan. Kali ini kita membutuhkan 18 buah sedotan panjang, 12 buah sedotan sedang (½ ukuran sedotan panjang), dan 12 sedotan pendek (¼ ukuran sedotan panjang).

Berikutnya susunlah potongan sedotan membentuk bagian-bagian bangun segi enam. Untuk membantu menyambung potongan sedotannya, gunakan kawat dengan cara dimasukkan ke dalam sedotan lalu dirangkai. Ukuran potongan harus setepat mungkin. Lihat gambar di atas.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung 03
Rangkai terus semua bagian sedotannya seperti terlihat pada gambar. Oh iya, gambar sedotan warna-warni di atas dibuat sebagai contoh terlebih dahulu sebelum memasang sedotan yang sebenarnya (hitam), agar tidak salah memasang. Jika anda sudah yakin bisa merangkai dengan tepat maka anda tidak perlu membuat sedotan contoh terlebih dahulu.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung 04
Oh iya, usahakan ukuran segi enamnya sesuai dengan ukuran fitting lampu yang akan digunakan ya, agar pas. Bagian merangkai ini sedikit sulit dan membutuhkan ketelitian, terutama saat menyambungkan dengan kawat.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung 05
Jika semua potongan sedotan telah disambung dan membentuk bangun segi enam, maka hasilnya akan seperti gambar kiri atas.

Nah sekarang siapkan kain flanel berwarna hitam. Potongan kain flanel ini gunanya untuk menutupi kawat yang ada di dalam sedotan, dan juga sekaligus sebagai penguat bangun segi enamnya agar dapat berdiri tegak dan tidak meleyot.

Buatlah sejumlah 12 buah potongan kain flanel dengan bentuk silang (tanda plus) lebarnya kira-kira seukuran sedotan dengan panjang sekitar 1-2cm.

Buat pula sejumlah 12 buah potongan kain flanel lainnya dengan bentuk huruf T dengan ukuran yang sama.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung 06
Lalu masukkan 12 buah potongan kain flanel yang berbentuk silang ke dalam setiap pertemuan (persilangan) 4 buah sedotan.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung 07
Lakukan hal yang sama dengan 12 buah potongan kain flanel lainnya yang berbentuk huruf T.

Setelah selesai semua, yang terakhir adalah memasangkan dekorasi kerajinan tangan dari sedotan ini pada fitting lampu gantung anda.


Kerajinan Tangan Dari Sedotan | Hiasan Lampu Gantung 08
Nah, hiasan gantung dari sedotan plastik berupa dekorasi lampu gantungnya sudah jadi dan siap digunakan, bagus bukan? Oh iya, anda juga bisa mengecatnya dengan menggunakan cat semprot dengan warna sesuai selera. Baiklah sekarang anda bisa berkreasi dengan membuat kerajinan tangan dari sedotan ini dengan warna lainnya, selamat mencoba!

No comments:

Share This Article