Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kotak Pensil Flanel

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Berikut ini tutorial lengkap cara membuat kerajinan kotak pensil dari kain flanel unik. Kerajinan tangan dari kain flanel merupakan salah satu jenis kerajinan tangan yang mudah kita jumpai di sekeliling kita. Selain kain flanel murah harganya, alasan lain karena cukup banyak variasi kain flanel dari mulai kain flanel polos hingga kain flanel kreasi yang menggunakan aneka motif dan corak menarik. Aneka kreasi kain flanel juga bisa kita buat dengan sangat mudah dengan menggunakan bahan yang bisa kita beli di beberapa toko kain flanel murah terutama di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya, dll.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel Unik


Sebenarnya ada banyak sekali kerajinan tangan dari kain flanel yang bisa kita buat dengan sangat mudah misalnya bunga, tempat tisu, gantungan kunci, tas, bunga, boneka hewan, sarung hp, aneka souvenidr, dll. Dan salah satu kerajinan tangan kain flanel yang bisa kita buat dengan mudah adalah kerajinan kotak pensil dari kain flanel.

Dan kali ini kita akan berbagi tutorial kerajinan tangan dari kain flanel beserta gambar dan cara pembuatannya yang mudah. Sekaligus langkah demi langkah sehingga anda akan bisa mengikuti cara membuatnya dengan gampang sekali. Nah, khusus bagi anda yang sudah menguasai keterampilan cara menjahit kain flanel tentu akan bisa dengan lebih mudah membuatnya.
Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel


Cara Membuat Kerajinan Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Tutorial Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel


Berikut ini tutorial lengkap cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel berupa kerajinan kotak pensil dari kain flanel yang unik dan mudah:


**source: http://www.handmadiya.com/2015/10/pencil-holders-tutorial.html

Bahan : Aneka kain flanel motif dan warna, ritsleting, benang, jarum tangan, gunting, kertas, dan pensil.

Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel 01
Langkah pertama terlebih dahulu kita buat pola pada kertas. Buatlah pola dengan ukuran seperti pada gambar di atas. Pola ini nantinya akan kita terapkan pada kain flanel.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel 02
Setelah selesai membuat pola, terapkan pola tersebut pada beberapa lembar kain flanel dengan aneka motif maupun warna sesuai dengan selera. Kemudian potonglah pola kain flanel tersebut.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel 03
Langkah berikutnya, pasang dan jahitlah dengan rapi ritsleting yang telah disiapkan sebelumnya pada lembar kain flanel.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel 04
Berikutnya tahap menghias bagian sisi kerajinan kotak pensil darikain flanel ini. Hiaslah potongan kain flanel yang berbentuk lingkaran dengan menambahkan hiasan berbentuk wajah lucu dengan menggunakan potongan flanel bundar dengan warna yang berbeda. Lalu jahit dengan menggunakan benang dan tambahkan hiasan mata, hidung, dan mulutnya.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel 05
Setelah itu lalu satukan bagian utama tempat pensilnya yaitu potongan kain flanel yangberbentuk persegi panjang dengan potongan bagian kedua sisinya yang berbentuk lingkaran. Jahitlah dengan rapi. Dan untuk mempermudah cara menjahit kain flanel ini, baliklah sehingga bagian luar berada di dalam dan bagian dalamberada di luar.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel 06
Selanjutnya lapisilah sekali lagi bagian dalam luar kotak pensil dari kain flanel inidengan lapisan yang lebih besar agar terlihat lebih rapi sepertiyang terlihat pada gambar. Setelah dijahit semua, lalu baliklah kembali kotak pensilnya, sehingga bagian luar berada di dalam.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel 07
Dan tahap akhir yaitu memberikan sentuhan akhir untuk memperindah. Jahit kembali bagian sisinya. Lalu tambahkan pula assesoris tambahan berupa gantungan kecil yang dipasangkan pada kepala ritsleting, dan juga gantungan kecil pada salah satu bagian sisi. Dengan begitu kerajinan tangan dari kain flanel unik ini sudah jadi.


Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel | Kerajinan Kotak Pensil Dari Kain Flanel 08
Nah, mudah sekali bukan cara membuat kerajinan tangan dari kain flanel yang berupa kerajinan kotak pensil dari kain flanel unik ini. Sekarang anda bisa berkreasi sendiri dengan membuat kreasi kain flanel tempat pensil ataupun kerajinan tangan dari kain flanel yang lebih menarik lainnya, selamat mencoba!

No comments:

Share This Article