Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Karton Bekas Tisu

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Berikut ini tutorial lengkap cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas berupa ikan lucu dari kertas karton bekas tisu gulung yang mudah beserta gambarnya. Begitu banyak aneka jenis barang bekas yang ada di sekitar kita. Dari mulai kaleng bekas, botol bekas, koran bekas, kain perca, dan lain sebagainya. Dan salah satu bahan bekas yang bisa kita manfaatkan kembali untuk membuat aneka kerajinan tangan dari barang bekas yang unik yaitu kertas bekas. bahkan kertas bekaspun ada banyak sekali macamnya seperti misalnya koran bekas, kardus bekas, ataupun karton bekas.

Kertas bekas memiliki variasi kebalan yang bermacam, yang membuatnya begitu digemari para pembuat kerajinan yang memanfaatkan beraneka kertas bekas ini. Koran bekas yang cukup tipis misalnya, bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka kerajinan tangan dari koran bekas yang mudah dan unik.

Sedangkan kertas karton bekas yang ukurannya memang lebih tebal bisa juga dimanfaatkan untuk membuat bermacam-macam kerajinan tangan dari karton bekas yang menarik dan mudah cara membuatnya. Nah kali inipun kita akan mencoba belajar cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yaitu dari kertas karton bekas tisu roll atau tisu gulung.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Kertas Karton Bekas Tisu Gulung


Dengan memanfaatkan limbah kertas bekas, kali ini kita akan memanfaatkan kembali kertas karton bekas yang berasal dari tisu gulung. Tisu gulung atau tisu roll (tisu toillet) biasa kita temukan dengan sangat mudah di setiap rumah. Penggunaan awalnya yang hanya sebagai tisu toilet kini sudah bergeser seiring perkembangan. Tisu jenis ini mulai banyak digunakan juga tidak hanya sebagai tisu toilet tapi sebagai tisu lap serbaguna lainnya.

Dan kali ini kita akan membuat kerajinan dari barang bekas berupa ikan lucu dari bahan bekas kertas karton tisu gulung. Bahan yang akan kita butuhkan yaitu beberapa buah kertas karton bekas tisu gulung, gunting, lem, spidol, cat air, dan beberapa pasang mata boneka.

Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Lucu Dari Kertas Karton Bekas Tisu
Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Kertas Bekas Tisu | image: thecrafttrain.com


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas dan Cara Membuatnya | Ikan lucu


Berikut ini tutorial lengkap cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas yang mudah beserta gambarnya, yaitu berupa ikan lucu dan unik dari bahan bekas kertas karton tisu roll :




Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Lucu Dari Kertas Karton Bekas Tisu 01
Pertama siapkan terlebih dahulu beberapa buah kertas karton bekas tisu gulung yang sudah tidak terpakai. Anda bisa menyiapkan beberapa buah karton bekasnya untuk membuat beberapa macam kerajinan tangan dari bahan bekas ini nantinya.

Kemudian warnailah kertas karton tersebut dengan warna yang anda sukai.Gunakan satu warna polos terlebih dahulu sebagai warna dasarnya.

Selanjutnya gepengkanlah gulungan kertas karton tersebut sampai gepeng kedua sisinya.


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Lucu Dari Kertas Karton Bekas Tisu 02
Langkah selanjutnya guntinglah kertas bekas tersebutpada salah satu ujungnya membentuk setengah lingkaran. Dan pada sisi bagian belakang seperti pada gambar di atas. Guntingan setengah lingkaran pada bagian depan nantinya akan membentuk kepala ikan.


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Lucu Dari Kertas Karton Bekas Tisu 03
Lipatlah kertas tersebut pada bagian bekas guntingan dibagian belakang. Lipatan ini nantinya akan membentuk sirip ekor ikan.


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Lucu Dari Kertas Karton Bekas Tisu 04
Selanjutnya perhatikan pada lipatan bagian sirip ekor ikannya. Lipatlah ke dalam bagian sirip ekor ini, sehingga bekas potongannya tidak lagi terlihat. Perhatikan gambar di atas.


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Lucu Dari Kertas Karton Bekas Tisu 05
Nah jika sudah selesai melipat kertasnya, maka kertas kartonnya akan membentuk seekor ikan seperti terlihat pada gambar di atas.


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Lucu Dari Kertas Karton Bekas Tisu 06
Dan langkah terakhir pada tutorial cara membuat kerajinan tangan dari bahan bekas kertas ini adalah tahap mewarnai. Selanjutnya warnailah ikan kertasnya menggunakan cat air dengan warna-warni kesukaan anda. Dan terakhir jangan lupa tempelkan juga sepasang mata pada bagian kepala ikannya.


Kerajinan Tangan Dari Barang Bekas | Ikan Lucu Dari Kertas Karton Bekas Tisu 07
Nah, ikan lucu dari kertas karton bekas tisu gulung ini sudah jadi, bagus bukan. Dan selanjutnya anda bisaberkreasi dengan warna-warna lainnya yang lebih variatif.


Tutorial cara membuat kerajinan tangan dari barang bekas kertas karton bekas tisu gulung di atas bisa anda jadikan contoh. Lalu anda bisa kembangkan sendiri dengan teknik di atas untuk membuat aneka kerajinan dari bahan bekas seperti di atas dengan warna dan model lainnya yang lebih indah. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.

No comments:

Share This Article