Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral

Kerajinan Tangan Dari Botol | Berikut ini cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral untuk anak-anak berupa pinguin lucu dan cara pembuatannya. Salah satu barang bekas yang mudah kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah botol bekas. Botol menjadi salah satu barang yang banyak digunakan untuk berbagai wadah sebagai salah satu kegunaannya. Aneka jenis botol bekas yang banyak terdapat di sekitar kita seperti botol plastik, botol kaca, botol susu, botol tupperware, dan aneka jenis botol minum lainnya. Dan pada kesempatan kali ini kita juga akan membuat sedikit kreasi dari botol bekas, khususnya cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral atau botol aqua bekas.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral Plastik Yang Mudah


Nah, botol bekas air mineral adalah salah satu jenis botol bekas yang mungkin jumlahnya sangat melimpah. Bahan bekas yang satu ini bisa kita temukan dengan mudah di sekitar rumah kita, maupun di tempat lainnya seperti pasar, sekolah, perkantoran, dll. Harganya yang murah dan juga ringan dan mudah dibawa menjadikannya cukup digemari.

Ada banyak sekali macam kerajinan tangan dari botol air mineral bekas yang bisa kita buat dengan memanfaatkan botol plastik bekas air mineral ini. Botol bekas jenis ini memang mudah sekali dimanfaatkan kembali mengingat bahannya yang cukup ringan dan tipis sehingga mudah sekali untuk dipotong ataupun dilipat. Dan pada artikel kita kali ini kita akan mencoba berbagi tutorial singkat cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral yang mudah khususnya bagi anak SD atau anak-anak kecil.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin


Tutorial Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral Penguin Lucu


Kerajinan tangan dari botol bekas dan cara pembuatannya yang akan kita praktekkan kali ini berupa figur penguin yang lucu. Berikut ini cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral beserta gambarnya :


**Source: http://onelittleproject.com/water-bottle-penguins

Alat & bahan : 

  • Botol Aqua bekas (botol air mineral bekas lainnya)
  • Kain flanel
  • Spon hati
  • Bola-bola kapas
  • Cat warna hitam
  • Kuas kecil
  • Gunting
  • Lem tembak atau lem fox juga bisa


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin 01
Sebelum mulai praktek cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas yang mudah, terlebih dahulu kita siapkan semua bahannya. Anda bisa menggunakan botol air mineral jenis maupun ukuran apapun. Boleh yang kecil maupun yang besar.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin 02
Langkah pertama pada tutorial kerajinan tangan dari botol aqua dan cara pembuatannya ini adalah mengecat botol bekas. Warnai botol plastik bekas ini dengan warna hitam seluas 2/3 bagiannya. Bagian yang diwarnaiini nantinya akan menjadi bagian tubuh penguin bagian belakang. Lalu biarkan cat mengering dahulu sebentar.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin 03
Setelah cat mengering, isilah botol aqua yangsudah dicat sebagian tersebut dengan bola-bola kapas hingga terisi penuh.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin 04
Langkah selanjutnya adalah membuat assesoris pelengkap yaitu anggota badan penguin. Siapkan spon hati warna hitam untuk membuat sayap, kemudian potong berbentuk sayap sebanyak 2 buah. Siapkan pula potongan spon hati warna hitam berbentuk persegi panjang, dan juga warna kuning berbentuk kaki 2buah, dan bentuk segitiga kecil untuk hidung. Lihat gambarnya di atas.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin 05
Tempelkan kedua potongan sayap pada bagian atas botol. Lalu tempelkan pula potongan spon hati warna hitam yang berbentuk persegi panjang mengelilingi bagian leher botol, hingga tutup  botol tertutup semua. Ini sebagai kepala penguin.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin 06
Berikutnya membuat topi penguin. Siapkan kain flanel, lalu potong berbentuk persegi panjang. Gulung potongan kain flanel tersebut lalu satukan ujungnya dengan lem. Kemudian ikatlah sedikit bagian atasnya sehingga membentuk topi lucu. Kerajinan tangan dari kain flanel yang satu ini menjadi lebih lengkap dengan menempelkan potongan hidung dan sepasang mata boneka pada bagian kepala penguin.
Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin 07
Tambahkan syal sederhana dari bahan kain flanel bekas sebagai sentuhan akhirnya. Ini akan membuat  tutorial kerajinan tangan dari botol aqua bekas dan cara pembuatannya ini sempurna.


Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral | Penguin 08
Nah, cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas beserta gambarnya sudah selesai. Bagus sekali bukan? Sekarang anda bisa membuat kreasi botol bekas lainnya yang lebih bagus. Selamat mempraktekkan tutorial cara membuat kerajinan tangan dari botol bekas air mineral berupa boneka penguin seperti di atas.

No comments:

Share This Article